Iseng-Iseng Berhadiah (Cara Kreatif Menjadi Mahasiswa Mandiri)

Posted: 5 January 2015 in Entrepreneur Motivation

Bukanlah seorang laki-laki yang mengatakan : lihat, inilah bapakku. Tapi, seorang laki-laki adalah yang mengatakan : lihat, inilah aku!” (Ali bin Abi Thalib)

 

Halloo.. kamu mahasiswa ? kebetulan banget..

Iseng-iseng berhadiah. Dari judulnya keliatannya sih kaya bercanda, namun…

Sebagai seorang mahasiswa yang aktif (ehem..), kebutuhan saya tentunya segudang. Mulai dari yang berhubungan dengan perkuliahan, seperti diktat kuliah, kebutuhan rekreasi, seperti nonton, jalan/refresing, dan sebagainya (ceritanya so’keren), belum lagi kebutuhan hidup seperti bayar kos/kontrakan lah kalau perantauan mah, makan, sabun cuci, dan lain-lain. Hufft.. Kalau kamu gimana ? melihat kebutuhan yang sedemikian banyak, tentunya kamu juga membutuhkan banyak anggaran dong. Sering kali kamu tidak dapat mengandalkan pasokan dana dari orangtua. *eh (kalau memang masih dibiayain sama orang tua) hehe

Ya, mencari tambahan pemasukan merupakan solusi terbaik. Alhamdulillah, sejak awal pertama masuk kuliah sampai detik ini tidak sepeser pun saya minta kepada ortu, karena saya tahu ortu belum mampu membiayai kuliah saya. Terus bagaimana dengan teman-teman ? kalau senasib dengan saya, bagus dong jadi motivasi besar, ya gak ? dan kalau masih dibiayai sama ortu ya syukur, tapi jangan terlena (kaya lagu zaman dulu. Terlena… ku terlena) dan akan sangat lebih baik kalau seperti yang dilakukan sama teman saya yang ambil Hp lalu telepon kedua ortunya dan bilang ‘mah/pah.. mulai bulan depan, jangan kirimin Eukeu uang lagi. Terimakasih” wiiih.. keren banget.. four thumb up for you deh (y) (y) (y) (y)

Ingat kata Sayyidina Ali tadi bahwa seorang lelaki itu adalah yang mengatakan “inilah aku” bukan yang mengatakan “inilah bapak ku”. Jadi, siap untuk mandiri ? asal kamu kreatif dan jeli menangkap peluang serta kemauan yang keras, sebenarnya tidak ada yang mustahil bagi kamu untuk memiliki usaha sampingan dan menghasilkan uang. Berikut ini beberapa hal iseng-iseng berhadiah yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di masa kuliah. Diantaranya :

Anjungan Tunai Mandiri - hidup mahasiswa

 

  1. Jasa fotokopi

Di awal semester, dosen biasanya memberikan bahan kuliah lumayan tebal untuk difotokopi. Kalau biasanya Anda terima beres (dengan kata lain titip lewat teman), sekarang saatnya jadi bandar fotokopi. Tawarkan ke teman sekelas agar kamu saja yang mengurus segala fotokopi diktat tersebut. Iya kamu. Mereka hanya perlu membayarnya dan menunggu barangnya jadi. Cara mengeruk keuntungan sangat mudah. Misalnya, dari setiap makalah yang kamu fotokopi, ambil komisi sebanyak Rp1.000. Memang, sekilas jumlah tersebut terlihat kecil. Tapi kalau yang menggunakan jasa Anda adalah teman satu kelas, misalnya 30 mahasiswa, setidaknya Anda sudah untung Rp30.000. Itu baru dari 1 mata kuliah saja, belum mata kuliah yang lainnya, bray..

2. Menjual pulsa

Bagi mahasiswa, pulsa merupakan barang semi primer. Manfaatkanlah kondisi ini untuk berjualan pulsa elektronik. Dengan bermodal ponsel dan dana minimal Rp100.000, Anda sudah bisa jadi agen pulsa elektronik. Agar mampu bersaing dengan penjual lain yang jumlahnya banyak, sebaiknya Anda tidak perlu mengambil untung terlalu besar. Untung kecil tidak masalah, asal kamu mampu menjaring banyak pelanggan. Setuju kan ?

 

  1. Salesman/salesgirl

Apakah relasi kamu ada yang memiliki usaha, misalnya usaha distro, kue, aksesori, atau bisnis lain? Kalau ada, jangan ragu untuk menawarkan diri untuk menjadi tenaga pemasaran. Promosikan bisnis mereka kepada teman-teman Anda, lalu ambil untung dari selisih harga jual. Usaha ini gampang banget mau secara online/offline no problem. Misalnya, kalau biasanya satu T-Shirt dihargai Rp.40.000 oleh si pemilik distro, kamu jual saja kepada teman seharga Rp.60.000. Asalkan kualitas barang dan kemampuan menjual kamu bagus, pasti produk yang dijual akan laris manis. Berani coba ?

4. Blogging
Kamu suka nulis tapi belum jadi buku ? corat coret di diary ? Blogging aja! Blogging adalah peluang usaha sampingan mahasiswa tanpa modal yang sangat mudah dan gampang. Pekerjaan yang dilakukan hanyalah menulis artikel atau informasi apapun yang dibutuhkan oleh banyak orang. Nantinya setelah jumlah pengunjung banyak, mahasiswa dalam berjualan apapun di blog nya atau menyediakan space untuk di pasangi iklan. Ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat diminati oleh banyak mahasiswa dan para pelajar karena kemudahan dan fleksibelitas mengatur waktu. Eh masih gak percaya.. cobain dong.

 

        5. Jual Jasa/Keterampilan

Kamu bisa bahasa Inggris ? Kenapa tidak buka les private bahasa

Kamu bisa ngaji membaca Al – Qur’an ? kenapa tidak bikin les private ngaji

Kamu cukup menonjol pada beberapa mata pelajaran ? kenapa tidak buka les belajar

Kamu bisa bikin web ? kenapa tidak jadi web developer aja

Kamu punya skill elektronika ? kenapa gak dijadikan ladang uang dengan servis Hp/laptop

Kamu jago dibidang IT ? kenapa gak cari peluang jadi IT Maintenance. Ini prospeknya sangat bagus bagi yang menguasai ilmu jaringan komputer bermodalkan antivirus serta utility pembersih. Hehe..

Kamu jago ngetik di microsoft office ? kenapa tidak menerima jasa pengetikan. Bisa tawarkan kepada dosen, guru, asal jangan mau ngetikin tugas teman, gratisan lagi *eh (kabuuuur…)

Dan lain-lain. Berlaku untuk semua kategori keterampilanmu, asal satu syaratnya.. kemauan untuk mandiri.

 

6.  Outlet makanan ringan

Kamu bisa berjualan kebab, pizza, burger atau cemilan dan menjualnya bisa di areal kampus kamu sehingga mudah dipantau.

 

7. Bisnis kreatif

Seperti membuat mug, pin, kaos dengan kata-kata unik dan lain-lain, bisa dijalankan sembari kuliah & pasarnya adalah komunitas kampus. Misalnya, organisasi BEM kampus kamu mau mengadakan acara outbound dengan memakai kaos resmi. Nah, kamu bisa berdayain peluang membuat kaos itu dengan mencari konveksi atau suplier kaos yang harganya relevan, syukur-syukur punya kenalan pengusaha konveksi, mudah banget tuh..

 

Sampai disini teman-teman, ada yang mau menambahkan ?

Semoga bermanfaat..

Salam mahasiswa mandiri dan berprestasi demi Indonesia yang bermartabat

mahasiswa mandiri

 

Leave a comment